Visi Dan Misi Fakultas

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 102333/S tanggal 22 Oktober 1958 yang berlaku mulai tanggal 1 November 1958 dan diresmikan oleh  Presiden Pertama Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno pada tanggal 17 Nopember 1959.

Visi

Visi FMIPA Unpad dalam Renstra 2020-2024 adalah “FMIPA Unpad menjadi fakultas unggul dalam pendidikan dan riset yang terekognisi internasional serta berdampak pada masyarakat”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang cepat beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi perkembangan iptek di tingkat internasional.
  2. Melakukan riset sains dasar dan terapan khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, energi dan lingkungan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  3. Membangun  kemitraan dengan lembaga pemerintah dan industri untuk mendukung kualitas dan relevansi kegiatan pengajaran dan riset yang terekognisi internasional.
  4. Melaksanakan tata kelola yang adaptif, akuntabel, dan transparan serta memenuhi standar internasional dalam pengelolaan tridharma perguruan tinggi.
  5. Membangun sumber daya manusia sesuai dengan kompetensinya dan memiliki budaya responsible, excellent, scientific rigor, professional, encouraging, creative   dan trust (RESPECT).

Tujuan

  1. Tercapainya lulusan yang berkemampuan akademik, berjiwa kewirausahaan, professional,mandiri, beretos kerja, disiplin, berkarakter, menjungjung budaya lokal berwawasan teknologi mutahir sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
  2. Tercapainya hasil riset dan inovasi unggul dalam bidang pengelolaan sumber daya alam, energi dan lingkungan yang terekognisi internasional serta bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Tercapainya kolaborasi dengan mitra nasional dan internasional dalam pengembangan pendidikan dan riset melalui pemberdayaan dan engagement para alumni.
  4. Terwujudnya tata kelola yang excellent dan mendukung kemandiri
  5. Tercapainya sumber daya manusia yang kompeten dan berjiwa RESPECT.

Sasaran Strategis

  1. Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan dalam rangka pencapaian penyelenggaraan pendidikan unggul.
  2. Menguatnya penelitian dasar untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian lanjutan serta hilirisasi produk yang berorientasi pada kesejahteraan
  3. Meningkatnya rekognisi kepakaran di tingkat nasional dan internasional.
  4. Meningkatnya sumber daya manusia yang berkarakter RESPECT.
  5. Meningkatnya kualitas tata kelola dan kelembagaan dengan penerapan prinsip peningkatan mutu berkelanjutan (Continuing  Quality  Improvement).
  6. Meningkatnya pengelolaan sarana prasarana yang berhasil dan berdaya guna melalui sharing facilities dengan stak
  7. Terwujudnya sistem informasi administrasi terintegrasi untuk mencapai keunggulan pengelolaan tridharma perguruan tinggi.
  8. Meningkatnya kolaborasi dengan alumni dan mitra strategis (akademisi, pelaku usaha, pemerintah, masyarakat, media) untuk kesejahteraan masyarakat.
  9. Meningkatkannya ranking QS WUR by subject.